Jasa service mesin ATM menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki sistem manajemen keuangan sebuah layanan perbankan. Mesin yang rusak dapat menurunkan kepercayaan nasabah dan mengurangi kenyamanan dalam bertransaksi.
Maka dari itu, penting untuk mengetahui service mesin ATM terbaik beserta layanan apa saja yang disediakan. Yuk, cari tahu di sini.
Cash Management Service
Cash management service dapat diartikan sebagai layanan pengelolaan keuangan yang berkaitan dengan transaksi menggunakan mesin ATM. Layanan ini meliputi berbagai macam hal, mulai dari jasa pengisian ATM, perawatan, hingga perbaikan mesin.
Banyak faktor yang memengaruhi berhasilnya cash management service ini. Di antaranya adalah tenaga kerja profesional memadai yang telah diberikan pelatihan oleh Bank Indonesia. Kemudian, peralatan canggih yang sesuai dengan standar BI juga menjadi tolok ukur keberhasilan yang harus diperhatikan.
Dalam memberikan pelayanan manajemen keuangan, terdapat dua tingkatan pemeliharaan mesin ATM yang disebut sebagai first level maintenance dan second level maintenance. First level maintenance mencakup penggantian kertas resi, hingga penanganan kartu nasabah.
Sementara itu, pemeliharaan tingkat lanjut kedua meliputi deteksi potensi kerusakan pada mesin. Selain itu, bisa juga dilakukan penggantian suku cadang, hingga mengubah software atau hardware mesin apabila dibutuhkan.
Tugas dan Peran Jasa Perbaikan Mesin ATM
Tidak sekadar melakukan perbaikan mesin, jasa ini juga memastikan keamanan serta kelancaran transaksi yang dilakukan nasabah pelanggan.
Jasa perbaikan mesin ATM bertugas untuk mengantar jemput uang kepada nasabah melalui layanan Cash In Transit. Uang tersebut diantarkan oleh personil keamanan dengan menggunakan kendaraan yang sesuai standar pengamanan
Selain itu, jasa ini berperan untuk memastikan tersedianya dukungan teknis terhadap operasional dan pengembangan mesin ATM. Hal ini akan mencegah terjadinya kerusakan sehingga dapat menekan biaya operasional.
Inti dari semua tugas atau peran yang dilakukan adalah untuk menjaga tingkat kepuasan nasabah. Sebab, mesin ATM yang berfungsi dengan baik akan membuat nasabah senang karena mudah dalam bertransaksi.
Layanan yang Diberikan
Tugas dan peran dari jasa perbaikan mesin ATM dapat terlihat dari berbagai macam layanan yang diberikan. Berikut beberapa layanan yang tersedia.
- Cash Replenishment: Layanan yang meliputi pengisian uang, penyortiran, sampai monitoring berapa sisa uang di ATM.
- First Level Maintenance: Pelayanan yang mencegah kerusakan mesin ATM dengan cara perawatan melalui monitoring problem.
- Second Level Maintenance: Layanan untuk menangani perbaikan mesin ATM yang bermasalah. Menyediakan sparepart atau alat yang dibutuhkan dalam perbaikan atau pengembangan
- Wireless Connection: Layanan jaringan komunikasi untuk pemasangan serta pemeliharaan perangkat mesin ATM atau banking mobile unit
- Document Management: Mengubah dokumen fisik menjadi digital. Hal ini memudahkan klien untuk melihat dokumen dengan jaminan tetap terjaga keamanannya.
- Cash In Transit: Pelayanan antar jemput uang tunai kepada nasabah pelanggan.
Jasa Perbaikan ATM Terpercaya dari UG Mandiri
Tentunya, perbaikan mesin ATM ini haruslah diserahkan kepada jasa yang terpercaya. Kepercayaan ini dapat dilihat dari kepastian tersedianya tenaga profesional yang terlatih serta alat memadai.
Selain itu, seberapa lama jasa tersebut beroperasi serta jumlah klien juga bisa menjadi tolok ukur apakah sebuah layanan dapat dipercaya atau tidak.
PT. Usaha Gedung Mandiri memberikan layanan cash management yang akan membantu Anda dalam pengelolaan mesin ATM.