Ketika mengunjungi hotel untuk menginap, hal pertama apa yang muncul di benak Anda? Suasana hotel yang nyaman? Ruangan yang bersih, rapi dan wangi? Semua itu tidak lepas dari peran housekeeping yang membuat suasana hotel nyaman untuk dikunjungi.
Houskeeping tidak hanya bertugas merapikan kamar, tetapi juga meliputi seluruh pelayanan hotel. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, perawatan, kerapihan ruangan, area publik, area belakang dan sekitarnya.
Lalu pekerjaan seperti apa housekeeping itu? Apa saja tugasnya? Simak pembahasannya berikut ini.
Pengertian Housekeeping
Dilansir dari setupmyhotel housekeeping adalah departemen operasional hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, perawatan, pemeliharaan estetika kamar, area publik, area belakang dan sekitarnya. Secara umum housekeeping bertugas membuat lingkungan yang bersih, nyaman, aman dan menarik secara estetika.
Ruang lingkup housekeeping sangat luas tidak hanya berperan sebagai room service, namun pekerjaannya meliputi seluruh area hotel termasuk perbaikan elektronik dan membuat lingkungan hotel nyaman dan indah.
Istilah housekeeping diluar perhotelan mengacu kepada pengelolaan tugas dan pekerjaan sehari-hari dalam menjalankan rumah tangga seperti kegiatan membersihkan, memasak, merawat dan pemeliharaan area rumah, belanja dan membayar tagihan.
Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping
Housekeeping menjadi departemen yang memiliki anggota dan komponen yang paling banyak dibandingkan dengan departemen lain di sebuah hotel, penginapan maupun apartemen. Hal tersebut dikarenakan ruang lingkup pekerjaannya yang hampir mencakup semua pelayanan.
Tidak hanya bertugas untuk membersihkan kamar hotel dan menyiapkannya untuk tamu yang akan menginap, departemen housekeeping yang memiliki sebutan “ wajah suatu penginapan” ini harus memiliki kemampuan dalam koordinasi dengan departemen lainnya seperti bidang maintenance atau engineering apabila ketika membersihkan kamar atau ruangan ditemukan kerusakan pada peralatan atau fasilitas yang tersedia di kamar.
Departemen housekeeping memilik tanggung jawab untuk memastikan layanan kamar serta fasilitas hotel berjalan dengan baik dan memuaskan tamu. Dengan tugas dan wewenang yang luas dan kompleks, departemen ini juga mendukung kinerja departemen lainnya.
Pembagian Seksi Departemen Housekeeping
Untuk memudahkan dalam koordinasi dan pengawasan kerjanya, departemen housekeeping dibagi lagi kedalam beberapa seksi yang bertanggung jawab pada beberapa area yang berbeda.
Berikut pembagian seksi departemen housekeeping saat bertugas :
Public Area Section
Seksi ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan seluruh kebersihan di area publik seperti lobby hotel, kolam renang, restoran, gym dan bebrapa fasilitas umum yang ada di hotel. Dengan banyaknya orang yang menggunakan fasilitas umum tersebut, maka pemeliharaan kebersihan area tersebut harus dijaga dengan baik. Sehingga pengunjung hotel yang menggunakan fasilitas tersebut akan merasa nyaman dan betah.
Room Section
Bagian ini merupakan seksi yang berhubungan langsung dengan tamu karena mereka bertanggung jawab terhadap penyediaan kebutuhan tamu di kamar. Tugas mereka adalah membersihkan dan merapikan kamar sebelum dan setelah tamu menginap, melakukan pengecekan peralatan di kamar mandi apakah berfungsi dengan baik atau tidak dan memastikan alat mandi seperti handuk dalam kondisi yang baik untuk digunakan.
Kamar yang rapi dan bersih memberikan kesan yang baik bagi tamu, namun jika kamar yang ditempati kotor dan tidak nyaman tingkat kepuasan tamu akan menurun. Hal ini akan berdampak pada kinerja departemen ini.
Laundry section
Seksi ini bertugas untuk mencuci dan menyetrika seluruh kain yang digunakan di hotel. Seperti sprei, selimut, sarung bantal, handuk dan bathrobe. Seksi ini juga menyediakan jasa laundry kepada tamu dengan biaya yang sudah ditetapkan dan akan dibebankan kedalam tagihan kamar. Di beberapa hotel seksi ini juga bertugas untuk mencuci seragam karyawan hotel yang menjadikan seragam karyawan selalu terlihat bersih, rapi dan wangi.
Line Section
Departemen ini bertugas untuk membawa seluruh kain yang sudah dicuci oleh petugas di seksi laundry dan mendistribusikannya ke setiap kamar dan ruangan. Petugas harus memastikan seluruh kamar sudah dilengkapi handuk, sprei dan sarung bantal yang bersih dan wangi.
Florist dan Gardener
Peran florist dan gardener terbagi dua. Florist bertugas untuk merawat bunga – bunga yang ada di lobby , kamar, ruangan dan lorong hotel sedangkan gardener bertugas untuk merawat aneka bunga dan tanaman di area outdoor hotel agar tertata dengan cantik.
Houseman dan Housemaid
Di departemen ini petugas housekeeping bertugas untuk mengecek dan memastikan inventaris hotel dalam keadaan bersih dan aman untuk digunakan oleh tamu.
Penutup
Petugas housekeeping tidak hanya bertugas untuk memenuhi kebutuhan kamar namun juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada tamu hotel. Mereka bekerja sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan sehingga layanan yang diberikan akan memberikan kepuasan kepada tamu.
Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian dan tugas housekeeping semoga bermanfaat.